Langsung ke konten utama

Rangkuman Bab 3 BTIK

Teknologi Dasar

1. Machine Learning, 

Suatu Teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia/binatang, yaitu belajar dari pengalaman. Dapat digunakan dalam berbagai bidang:

- Komputasi keuangan untuk analisis kredit dan algoritma transaksi dipasar saham

- Pengolahan gambar dan computer vision untuk pengenalan wajah, pendeteksi gerakan, dan pendeteksi objek,

- Komputasi biologi untuk mendeteksi tumor, penemuan obat.

- Produksi energi untuk penentuan harga dan perkiraan kebutuhan masa depan.

- Otomotif untuk memprediksi jadwal dan kebutuhan pemeliharaan,

- Pemrosesan bahasa natural untuk aplikasi pengenalan suara.

2.     Computer Vision,

Bagian dari AI yang mengembangkan teknik untuk membantu komputer dapat melihat dan memahami konten gambar digital. Ini dapat digunakan untuk berberapa tujuan:

- Klasifikasi objek,

- Identifikasi objek,

- Verifikasi objek,

- Deteksi objek,

- Deteksi landmark (poin utama) objek,

- Segmentasi objek,

- Pengenalan objek.

3.     Natural Language Processing (NLP)

Bagian dari AI yang memungkinkan suatu mesin membaca, memahami, dan mengetahui arti bahasa manusia. Teknologi NLP dapat diterapkan dalam berbagai aplikasi:

- Chatbot,

- Program translate,

- Analisis sentiment,

- Search auto-complete,

- Descriptive analytic,

- Search auto-correct,

- Form spelling check.

4. Jaringan 5G,

Generasi ke-5 dari teknologi jaringan mobile dan merupakan evolusi yang terbesar. 5G dapat dengan cepat menghubungkan masyarakat modern. Ada 3 kategori penggunaan teknologi 5G:

- Komunikasi mesin ke mesin secara masif,

- Komunikasi ultra-reliable dengan latensi rendah,

- Meningkatkan layanan telepon mobile.

5. Internet of Things (IoT),

Teknologi yang memungkinkan berbagai perangkat terhubung ke jarigan internet, di mana perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke dan menerima data dari internet.

Aplikasi Teknologi

 1. Electronic Commerce (e-commerce),

Perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Keuntungan yang dapat diperoleh:

- Perusahaan dapat menjual produknya ke lebih banyak orang,

- Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi,

- Mengurangi biaya keluar sewa dan gaji,

- Harga produk dapat menurun,

- Meningkatkan daya saing perusahaan,

- Konsumen tidak harus mendatangi took,

- Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi,

- Konsumen mendapat lebih banyak pilihan,

- Dapat lebih mudah impor barang.

2. Pembayaran Online,

Layanan di internet yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online ketika melakukan transaksi di internet.

3. Internet Banking dan SMS Banking,

Internet Banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. SMS Banking adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS.

4. Pembayaran Digital,

Metode transaksi/pembayaran untuk barang atau jasa melalui media digital/elektronik, tanpa melibatkan alat pembayaran cek atau uang tunai. Digunakan dalam,

- Aplikasi pembayaran mobile (menggunakan smartphone),

- Uang digital/cryptocurrencies,

- Aplikasi pembayaran dari media sosial.

5. E-Government,

Memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan layanan pemerintah untuk masyarakat:

- Meningkatnya layanan kepada masyarakat,

- Meningkatnya hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat,

- Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat,

- Hilangnya birokrasi.

Contoh penggunaan:

- Layanan pengajuan paspor online dan layanan legalisasi dokumen dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,

- Layanan legalisasi dokumen dan pengaduan dari KLN,

- Sistem pengolahan Keuangan Daerah, e-SDM, e-Monitoring, e-Education, e-Permit, e-Office, e-Health, e-Dishub, Media Center, dan SSB,

- Sistem e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Planning, e-Procurement, serta e-Monev,

- Sistem BSC dll

- Aplikasi Hibah Bansos, Perizinan Online, dan E-RK

6. Transportasi Berbasis Online,

Aplikasi yang memungkinkan memesan layanan tranportasi secara online melalui aplikasi dan genggaman HP.

7. Telepon Seluler (Ponsel)

Suatu teknologi yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia dalam menjadi alat komunikasi, hiburan, kerja, dll. Saat ini, teknologi merupakan smartphone.

8. E-Health,

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Peran dlm komunikasinya:

- Administrasi


-  Perawatan pasien langsung

-  Engineering/information systems/information and communications technology

- Informatika

- Penelitian/biomedicine

Berikut ada contoh layanan E-Health,

1) Konsultasi Dokter Online

2) Electronic Health Record (EHR)

3) Clinical Decision Support System (CDSS)

4) WebMD Pain Coach

5) Glucose Buddy

6) uChek

7) Clinical Trial Seek

8) Healthy Heart 2

9) Kardia Mobile (EKG)

10) CDC

11) Operasi Jarak Jauh

9. Mobil Self-Driving,

Memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVALUASI BAB 3

1. Teknologi machine learning tidak dapat digunakan untuk…   a. menganalisis penyakit kanker dan memberikan obat yang sesuai jenis kankernya   b. mengenali wajah pelaku criminal dan mendeteksi ke mana pelaku melarikan diri   c. membantu Google untuk memberikan hasil pencarian sesuai konteks pencarian yang  dilakukan pengguna   d. memprediksi kapan mesin di pabrik perlu diperbaiki       2. Teknologi computer vision dapat digunakan untuk…   a. mendeteksi wajah pelaku kejahatan   b. mendeteksi kendaraan yang melanggar lalu lintas   c. memungkinkan mobil menerima perintah dari pengguna melalui suara   d. membuat mobil self-driving­ dapat mendeteksi mobil dan objek lain di jalan raya       3. Ketika mengetik kalimat di aplikasi pengiriman pesan, aplikasi tersebut dapat mengoreksi spelling dari kata-kata tertentu. Hal ini karena aplikasi tersebut dilengkapi teknologi…   a. 4G   b. machine learning   c. big data   d. NLP       4. Berikut kelebihan dari 5G dari pendahulunya   (1) Akses data le

Membacalah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi.

 Membacalah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi. Setiap hari saya membaca. Bukan hanya membaca buku saja, tapi membaca apa yang ada di media sosial saya. Membaca kitab suci itu pasti karena bekal hidup kita di dunia ini. Membaca koran setiap pagi sambil ngopi asyik sekali. Koran yang dulu dibaca dengan lembaran kertas lebar, kini bisa dibaca lewat ponsel setiap hari. Itulah kecanggihan teknologi saat ini. Manusia cerdas tidak akan lepas dari aktivitas membaca. Kebutuhan akan informasi selalu didapatkannya setiap hari di media sosialnya. Itulah mengapa aktivitas membaca menjadi makanan sehari-harinya. Bangun tidur saya membaca. Pesan di aplikasi whatsapp ribuan banyaknya. Belum ditambah ratusan pesan email dari peserta lomba blog bulan Februari 2021. Senang membaca tulisan mereka. Banyak pengetahuan dan informasi baru didapatkan. Tidak semua diberikan komentar. Hanya membaca cepat saja. Namanya Speed reading. Teknik membaca cepat harus dikuasai untuk mendapatkan informasi. Saya me

Ceramah Umum dan Digilabs

Ceramah umum dan digilabs adalah sebuah pengalaman dan program pemberian materi yang sangat menyenangkan, acaranya dilakukan pada tanggal 29 September, acara ini adalah salah satu event yang membutuhkan bantuan osis dalam hal penyelanggaraan hingga mcnya pun dari osis. Tiap Angkatan dipisah oleh breakout room karena mendapat materi yang berbeda-beda khusus Angkatan 28 mendapat tema yang berjudul “Berbijaksana Berselancar Internet di Masa Pandemi Covid-19.  Kita memulai acaranya dengan pengondisian pembukaan dan sambutan-sambutan oleh pak asdi, kepala bps dan ketua POMG setelah itu kita dibreak out ke room Angkatan masing-masing dan menunggu pembicaranya datang ke ruangan zoom, pemateri pertama adalah kak firman yang menjelaskan tentang psikologis otak dan hal sosial yang berhubungan dengan psikologis lainnya seperti tanda-tanda bunuh diri. Setelah itu kita istirahat selama 30 menit dan mulailah acara digilabs yang banyak membahas tentang pembuatan film, ternyata pembuatan film itu jauh