Langsung ke konten utama

Soal Essai Algoritma

 1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

Algoritma adalah kumpulan rangkaian perintah yang akan dijalankan oleh computer

rancangan Algoritma adalah proses pemecahan suatu masalah yang mencakup sejumlah karakteristik, menciptakan solusi Algoritma

 2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

a. Cara deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan teksd deskripsi. terdiri dari tiga bagian yaitu judul, deklarasi, dan deskripsi.

b. flowchart merupakan penulisan algoritma berdasarkan notasi grafis dalam bentuk urutan.

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya! 

Contoh : Membuat tulisan I am Programmer.

START

Move 'Posisi Awal'

Write 'I'

Move 'Posisi Awal'

Write 'A'

Move 'Posisi Awal'

Write 'M'

Move 'Posisi Awal'

Write 'P'

Move 'Posisi Awal'

Write 'R'

Move 'Posisi Awal'

Write 'O'

Move 'Posisi Awal'

Write 'G'

Move 'Posisi Awal'

Write 'R'

Move 'Posisi Awal'

Write 'A'

Move 'Posisi Awal'

Write 'M'

Move 'Posisi Awal'

Write 'M'

Move 'Posisi Awal'

Write 'E'

Move 'Posisi Awal'

Write 'R'

END

menggunakan aplikasi scratch setelah itu menentukan kordinat dan command tertentu untuk menjalankan robotnya

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

Variabel adalah simbol yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai. Sedangkan tipe data adalah jenis nilai yang akan disimpan.

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya! 

6.  Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch! 

Boolean : pilihan benar atau tidak

Nomor : angka bulat

String : Huruf

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks! 

tipe data numerik adalah tipe data yang mencakup angkan sedangkan tipe data teks adalah tipe data yang mencakup simbol 

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind! 


9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan! 

Tipe data boolean digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi

10. Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

algoritma

Kita bisa menggunakan Scratch untuk menyelesaikan masalah lingkaran, dan menggunakan gerakan Sprite untuk menggambar lingkaran dan lingkarannya. Salah satu bentuk pola adalah pola fraktal, yang menggunakan ukuran berulang, iterasi dan skor, dan dapat digunakan untuk motif batik. Robot penghindar rintangan menggunakan sensor ultrasonik sebagai masukan dan gerak motor sebagai keluaran. Robot pengikut linier dan robot pemecah labirin menggunakan sensor cahaya sebagai masukan dan gerak motorik sebagai keluaran. Kita dapat menggunakan Scratch untuk membuat program untuk kalkulator BMI.  Dengan menggunakan Scratch untuk membangun model kalkulasi, masalah garis singgung di sekitar lingkaran dapat diselesaikan. Penggunaan berbagai jenis robot dapat menyelesaikan banyak masalah di berbagai bidang kehidupan manusia. Teknologi yang sangat kompleks saat ini dapat memberikan berbagai keuntungan di dunia, namun bukan berarti tidak akan merugikan. Salah satu contohnya adalah penggunaan transporta...

Ceramah Umum dan Digilabs

Ceramah umum dan digilabs adalah sebuah pengalaman dan program pemberian materi yang sangat menyenangkan, acaranya dilakukan pada tanggal 29 September, acara ini adalah salah satu event yang membutuhkan bantuan osis dalam hal penyelanggaraan hingga mcnya pun dari osis. Tiap Angkatan dipisah oleh breakout room karena mendapat materi yang berbeda-beda khusus Angkatan 28 mendapat tema yang berjudul “Berbijaksana Berselancar Internet di Masa Pandemi Covid-19.  Kita memulai acaranya dengan pengondisian pembukaan dan sambutan-sambutan oleh pak asdi, kepala bps dan ketua POMG setelah itu kita dibreak out ke room Angkatan masing-masing dan menunggu pembicaranya datang ke ruangan zoom, pemateri pertama adalah kak firman yang menjelaskan tentang psikologis otak dan hal sosial yang berhubungan dengan psikologis lainnya seperti tanda-tanda bunuh diri. Setelah itu kita istirahat selama 30 menit dan mulailah acara digilabs yang banyak membahas tentang pembuatan film, ternyata pembuatan film itu ...

PENGALAMAN HARI PERTAMA PJJ

  PENGALAMAN HARI PERTAMA PJJ Sekolah adalah hal yang wajib dilakukan siswa di Indonesia, sekolah pun mengalami banyak masalah saat covid-19 mulai mewabah, siswa tidak bisa datang ke sekolah karena aturan pemerintah untuk menjaga jarak dan beraktivitas di rumah. Sekolah memberikan alternatif saat wabah terjadi yaitu belajar melalui daring atau online, dengan memanfaatkan aplikasi seperti zoom dan classroom sekolah bisa dijalankan walaupun tidak seperti biasa. orang tua pun tenang karena anaknya bisa sekolah kembali dan siswa bisa menambah ilmu walaupun jauh dari sekolah maupun guru. Hal tersebut pun terjadi pada saya sebagai siswa SMP Labschool Jakarta, saya juga mengalami PJJ dan itu membuat saya senang karena saya dapat menambah wawasan dan tidak bosan di rumah hanya belajar sendiri dan mendapat aktivitas tambahan seperti belajar bersama teman dan aktivitas menyenangkan lainnya. Saya pribadi tidak terlalu suka belajar tapi sangat membosankan jika tidak melakukan apapun di rumah d...