Langsung ke konten utama

Kolaborasi pada Masyarakat digital

DEFINISI

Kolaborasi masyarakat digital adalah kolaborasi antara 2 pihak atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Kolaborasi dalam Masyarakat Digital adalah platform kolaborasi online yang memudahkan pengguna untuk berkolaborasi dengan gambar, video, dan audio dari mana saja, dengan mudah, nyaman, dan aman. Kerja sama harus dilandasi oleh upaya mencapai tujuan bersama.

TIPE

Kolaborasi dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan cara pembentukannya dan tujuan dari kolaborasi tersebut, dan berdasarkan metode atau perangkatnya.

TIPE BERDASARKAN PEMBENTUKAN DAN TUJUAN

Jenis kerjasama berdasarkan metode pembentukan dan tujuan kerjasama dibedakan menjadi 3 yaitu kerjasama tim, kerjasama komunitas dan jejaring. Kolaborasi tim adalah kolaborasi tim di mana setiap anggota tim memiliki batas waktu dan tujuan yang jelas. Untuk mencapai tujuan bersama, setiap tim harus memenuhi kewajiban yang diberlakukan selama jangka waktu tertentu. Kerja sama sosial adalah kerja sama yang dilakukan untuk kepentingan bersama dan kepentingan anggota masyarakat. Kolaborasi ini biasanya ditujukan untuk mengembangkan area yang menjadi kepentingan bersama, bukan penjualan komersial. Tujuan utama kolaborasi ini adalah untuk berbagi informasi dan pengetahuan untuk pembelajaran, bukan menyelesaikan proyek tertentu. Komunitas dibangun untuk memberikan solusi atas permasalahan anggota komunitas yang ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburanku

Assalamualaikum nama saya Faeydza Ali dan saat ini saya akan menceritakan tentang liburan tahun baru. saya tidak berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya, Dikarenakan pandemi covid-19 yang mewabah ini. Saya bukanlah orang yang suka keluar rumah dan memilih untuk tinggal dan berdiam diri dirumah, saya suka sekali bermain game dan karena teman saya juga memainkan game yang sama oleh karena itu saya memilih bermain game bersama teman dirumah.  saya biasa memulai hari dengan shoolat shubuh dan bersepeda setelah itu saya sarapan dan mandi, saya mulai bermain game setiap pukul 09.00-11.00, 12.30-14.00 dan 19.30-21.00. saya membuat jadwal ini hanya untuk menjaga kesehatan mata dan membiarkan tubuh saya untuk berolahraga dan beristirahat, saat liburan saya biasa tidur jam 23.00. Saya tidak kecewa tidak dapat berlibur seperti biasa karena demi menjaga kesehatan dan juga karena keluar rumah merupakan hal yang membosankan bagi saya. saya pikir liburan kali ini memberikan banyak hikmah seperti untu

PENGALAMAN HARI PERTAMA PJJ

  PENGALAMAN HARI PERTAMA PJJ Sekolah adalah hal yang wajib dilakukan siswa di Indonesia, sekolah pun mengalami banyak masalah saat covid-19 mulai mewabah, siswa tidak bisa datang ke sekolah karena aturan pemerintah untuk menjaga jarak dan beraktivitas di rumah. Sekolah memberikan alternatif saat wabah terjadi yaitu belajar melalui daring atau online, dengan memanfaatkan aplikasi seperti zoom dan classroom sekolah bisa dijalankan walaupun tidak seperti biasa. orang tua pun tenang karena anaknya bisa sekolah kembali dan siswa bisa menambah ilmu walaupun jauh dari sekolah maupun guru. Hal tersebut pun terjadi pada saya sebagai siswa SMP Labschool Jakarta, saya juga mengalami PJJ dan itu membuat saya senang karena saya dapat menambah wawasan dan tidak bosan di rumah hanya belajar sendiri dan mendapat aktivitas tambahan seperti belajar bersama teman dan aktivitas menyenangkan lainnya. Saya pribadi tidak terlalu suka belajar tapi sangat membosankan jika tidak melakukan apapun di rumah dan h

RANGKUMAN INFTK BAB I

  RANGKUMAN INFTK BAB I INTERNET Internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar dan terdiri atas jaringan-jaringan yang lebih kecil dan menghubungkan sistem komputer keseluruh belahan dunia. Internet berkembang mengikuti globalisasi dari teknologi yang berupa jaringan komputer, aplikasi-aplikasi, luas jangkauan , dan jumlah penggunanya.  JARINGAN KOMPUTER Jaringan komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua device atau lebih saling berhubungan baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi. Jaringan komputer berguna untuk: 1. Berbagi sumber daya 2. meningkatkan reliabilitas 3. menghemat dana 4. sarana berkomunikasi Berdasarkan media yang digunakan, jaringan komputer dapat dibedakan dengan menjadi jaringan kabel dan nirkabel. Berdasarkan luas daerah yang dicakup jaringannya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi LAN, MAN, WAN, Internet, dan Intranet APLIKASI YANG DIGUNAKAN MENGGUNAKAN INTERNET Berbagai jenis  aplikasi